Mengenal SEO KANG JOON, Pemeran BAEK IN HO di CHEESE IN THE TRAP

Advertisement

BARU SINOPSIS . Seo Kang Joon merupakan salah satu aktor muda yang saat ini tengah naik daun. Tidak hanya laris sebagai model CF dan brand ambassador beberapa produk ternama. Kariernya di bidang akting makin menanjak dan diakui.

Seo Kang Joon saat masih di sekolah dasar

Pria kelahiran 12 Oktober 1993 ini lahir dari keluarga yang berkecukupan. Seo Kang Joon yang bernama asli Lee Seung Hwan ini cukup tertutup dengan latar belakang keluarganya. Pada salah satu acara variety di Korea, Kang Joon mengaku sempat sekolah di luar Korea untuk belajar bahasa inggris sekaligus belajar hidup mandiri. Malaysia adalah negara pilihan ayah Kang Joon karena kebetulan ayahnya memiliki kenalan di sana. Kang Joon bersekolah di sana selama kurang lebih 2 tahun. Ada cerita menarik yang terjadi saat Kang Joon bersekolah. Tiga bulan pertama di negri orang, Kang Joon sempat homesick dan kebetulan bertepatan dengan liburan semester. Akhirnya saat kembali ke Korea Kang Joon sempat berencana untuk tidak kembali. Di hari keberangkatannya Kang Joon sengaja bermain bersama teman-temannya hingga melewati waktu keberangkatan pesawatnya. Mengira dirinya lolos dan tidak perlu kembali ke Malaysia, Kang Joon dibuat terkejut oleh ayahnya yang menemukannya dan membawanya ke mobil. Di dalam mobil Kang Joon sempat membujuk ayahnya untuk bisa tetap tinggal di Korea. Namun ayahnya malah mengantarnya ke bandara dan menasehatinya untuk bertahan dan melanjutkan studinya, sehingga Kang Joon tak berdaya dan akhirnya kembali ke Malaysia.

Seo Kang Joon saat di sekolah menengah

Mengaku senang menonton film sejak sekolah menengah pertama, Kang Joon menemukan ketertarikan di bidang entertaint. Demi menggapai cita-citanya sebagai entertaint, Kang Joon mengambil kelas akting sambil mengikuti beberapa audisi. Kang Joon mengatakan bahwa sejak memutuskan terjun ke dunia entertaint ayahnya menyuruhnya untuk berusaha sendiri dan menghidupi kebutuhannya sendiri sehingga Kang Joon menolak jika ada yang mengatakan bahwa dia masuk dunia entertaint berkat dukungan finasial dari orang tuanya. Karena kenyataannya Kang Joon mengaku sempat bekerja di minimarket sambil kursus akting.

Kesempatan didapat saat Kang Joon mengikuti sebuah audisi terbuka yang diadakan sebuah manajemen artis, Fantagio. Kang Joon berhasil lulus audisi dan bersama 4 orang pemuda lainnya ditempatkan di sebuah asrama. Manajemen yang menaungi mereka membentuk Kang Joon dan 4 pemuda lainnya menjadi satu grup dengan nama Surprise. Mereka merupakan grup idol pertama yang dibentuk oleh manajemen tersebut setelah sebelumnya agensi tersebut sempat membentuk girl band Hello Venus.
Seo Kang Joon dan member Surprise saat pembuatan MV 'From My Heart'

Kang Joon mengaku bahwa tinggal bersama orang-orang yang sebelumnya tidak dia kenal diasrama yang tidak terlalu luas, sangat tidak nyaman. Namun setelah beradaptasi dan menghabiskan waktu bersama teman-teman barunya, Kang Joon yang didapuk sebagai ketua menjadi lebih dekat dan kompak. Dalam setiap wawancara, Kang Joon selalu menyebutkan bahwa dia bagian dari grup Surprise. Bagi Kang Joon, Surprise adalah keluarga. Mereka saling berbagi mulai dari pekerjaan, kekhawatiran, melalui kesulitan bersama dan merayakan kebahagiaan bersama. Kang Joon juga menambahkan bahwa diantara mereka tidak ada kecemburuan satu sama lain. setiap orang memiliki kepribadian yang baik dan kepercayaan diri. “Kami percaya perlahan akan sukses” kata Kang Joon.

Dalam salah satu program varietry show, menampikan asrama tempat Kang Joon dan member surprise tinggal. Mereka tinggal di tempat yang sempit dan biasanya hanya makan ramyun saja. Hanya sesekali mereka makan di luar. Di asrama mereka tidak hanya diajari akting namun juga menyanyi.
Seo Kang Joon dan Kim Soo Eun beraktng di webdrama 'After School Bokbulbok'

Kesempatan debut akting di dapat saat mereka membintangi sebuah webdrama berjudul “After School Bokbulbok” di tahun 2013. Mendampingi Kim So Eun, Kang Joon dan keempat temannya berhasil menarik perhatian. Baru pada tahun 2014 mereka merilis single pertama mereka “From My Heart” setelah selama ini tampil menyanyikan lagu orang lain.

Seo Kang Joon dan Kim So Hyun di drama 'Suspicious Housekeeper'

Kang Joon sempat menjadi cameo dalam drama sukses Good Doctor sebagai berandalan yang memukuli Park Shi On yang diperankan Joo Won. Nama Kang Joon semakin dikenal saat mendampingi Kim So Hyun di drama “Suspicious Housekeeper” meski porsinya tidak banyak namun wajah tampannya menarik perhatian fans drama tersebut yang sebelumnya tidak mengenalnya.

Salah satu penampilan Kang Joon di Drama festival 'Haneuljas Murder'

Akting Kang Joon mendapat pujian saat memerankan tokoh pemuda yang menyukai wanita yang lebih pantas menjadi ibunya dan kemudian menikahi putri si wanita demi dapat terus melindunginya di drama festival MBC “Haneuljas Murder” dalam drama tersebut Kang Joon berpasangan dengan aktris senior, Moon Soo Ri. Kang Joon mengatakan bahwa pertama bertemu dengan Moon Soo Ri, dia merasa gugup dan tidak tahu harus berbuat apa. Namun menjelang syuting, aktris tersebut menyapa Kang Joon dan mengajak Kang Joon untuk sama-sama berusaha. Kang Joon mengaku, dia bertemu sutradara tiga hari sebelum syuting dan mendiskusikan perannya dan bagaimana karakter yang harus dia bawakan dalam drama 1 episode tersebut.

Bersama Joo Sang Wook di drama 'Cunning Single Lady'

Di saat bersamaan Kang Joon berkesempatan mendapatkan peran utama kedua dalam drama romantic “Cunning Single Lady” di tahun 2014. Tampil mendampingi Lee Min Jung dan Joo Sang Wook, Kang Joon tampil tidak mengecewakan. Banyak penonton yang jatuh hati pada tokoh Gook Seung Hyun yang diperankan oleh Kang Joon. Kang Joon mengaku bahwa penampilannya di Cunning Single Lady masih jauh dari kata bagus. Kang Joon merasa bahwa dia bisa lebih baik jika saja dia memiliki waktu yang lebih banyak untuk mempersiapkan karakternya. “Karakterku harusnya terlihat mempesona seperti karakter yang diperankan Joo Sang Wook, namun sayangnya tidak berjalan demikian. Ketika aku menonton drama tersebut, aku merasa tidak memenuhi syarat untuknya (tidak sebanding dengan Joo Sang Wook)” namun meski demikian, banyak penonton internasional yang mengakui chemistry nya dengan Joo Sang Wook. tidak tanggung-tanggung dalam voting yang diadakan dramafever, Seo Kang Joon dan Joo Sang Wook berhasil mendapatkan penghargaan sebagai ‘Best Bromance’

Bersama cast Roommate season 2

Tak lama setelah menamatkan Cunning Single Lady, Kang Joon mendapat tawaran untuk mengisi salah satu cast di program variety ‘Roommate’ tampil dengan gayanya yang aneh, Kang Joon cukup disukai penonton meski sebagian ada yang menghinanya dengan mengatakannya ‘buruk’ dan ‘bodoh’. Kang Joon mengatakan bahwa sebagai orang biasa, ada kalanya dia bisa tampil keren, lucu dan bodoh. Kebetulan yang dipilih editing untuk ditampilkan di program tersebut adalah keadaan saat dia tampil bodoh sehingga penonton ada yang merasa terhibur namun juga ada yang merasa dia seperti yang ditampilkan di tv (bodoh). Meski terlibat dalam program variety tak menghalangi Kang Joon untuk menerima tawaran drama baru.

Bersama Park Hyung Shik dan Nam Ji Hyun di drama 'What Happens With This Family'

Kang Joon menerima peran pendukung di drama keluarga “What Happen With This Family” tampil sebagai mantan idol yang beribukan seorang aktris, Kang Joon tampil mempesona sebagai playboy Eun Ho. Kang Joon mengakui bahwa sebenarnya bukan dia yang memilih bermain dalam drama tersebut. Namun bukan berarti dia tidak menyukainya. Bermain drama keluarga dapat melatih dan mengasah aktingnya. Terlebih dia bermain bersama aktor aktris senior seperti Yoo Dong Geun, Kim Sang Kyung, dan Kim Hyun Joo. Meski tokoh yang dia perankan tidak sekrusial tokoh-tokoh lain. Namun kehadiran Kang Joon membawa suasana lebih hangat. Terlebih kesupelannya dalam bergaul membuatnya mudah disukai dan diterima oleh kru dan artis lainnya. Kang Joon mengaku cukup dekat dengan Park Hyun Shik pemeran Cha Dal Bong. Mereka kerap berfoto bersama di sela syuting dan pribadi Hyun Shik yang ramah juga membantu Kang Joon dalam berakting sebagai sahabat Hyun Shik. Dengan Nam Ji Hyun yang berperan sebagai Kang Seol, Kang Joon mengaku sering berdiskusi saat berakting mengingat Nam lebih senior dalam arti Nam lebih dulu terjun ke dunia akting dibanding para pemain lainnya. Pada salah satu acara variety baru-baru ini, Lee Guk Ju yang merupakan salah satu member Roommate 2 yang dekat dengan Kang Joon bertanya apakah Kang Joon masih kerap berkomunikasi dengan Nam Ji Hyun. Pada saat itu Kang Joon menjawab hingga saat ini masih kerap berhubungan baik dengan Nam. Di sela syuting drama keluarga tersebut, Kang Joon menyempatkan syuting mobile drama bersama Min Ah Girls Day berjudul ‘A Better Tomorrow’.

Bersama Jo Sung Ha di drama 'Hwajung'

Sebelum drama WHWTF berakhir, Kang Joon telah dicasting untuk drama saeguk MBC berjudul ‘Hwajung’. Tentu saja Kang Joon merasa senang dapat berpartisipasi dalam drama tersebut terlebih dia akan beradu akting dengan Cha Seung Woon salah satu aktor yang dikaguminya. Dalam salah satu wawancara, Kang Joon mengaku salah satu drama yang dia suka adalah The Greatest Love dan dia ingin mendapat peran seperti tokoh Dok Go Jin yang diperankan Cha Seung Woon namun dia sadar saat ini dia masih belum sanggup membawakan peran dengan karakter demikian. Cha sempat memuji kinerja Kang Joon dalam sesi wawancara saat konferensi pers drama Hwajung. Seo Kang Joon sendiri merasa gugup karena Hwajung merupakan drama saeguk pertamanya. Namun dia mendapat dukungan dan nasihat dari aktor-aktor senior seperti Jo Sung Ha yang berperan sebagai Kang Joo Seon musuh Joo Won sekaligus ayah dari teman baik Joo Won (tokoh yang diperankan Kang Joon). Jo Sung Ha menyuruh Kang Joon untuk rileks dan tidak perlu mengkhawatirkan nada suara (aksen saeguk). Meski bukan tokoh utama dalam Hwajung, namun Kang Joon yang berperan sebagai Hong Joo Won mendapat porsi penampilan yang sama banyaknya dengan Cha Seung Woon, Lee Yeon Hee dan Kim Jae Woon. Sayangnya Kang Joon mendapat banyak kritikan dari netizen. Tidak sedikit yang bahkan dengan berlebihan mengatakan Kang Joon yang ‘menghancurkan’ Hwajung padahal focus cerita sudah jelas ada di tokoh utama. Dan nampaknya hal ini mempengaruhi Kang Joon hingga dia merasa gugup saat memutuskan mengambil peran Baek In Ho di drama adaptasi webtoon terkenal, Cheese In The Trap.

Sebagai Baek In Ho di Cheese In The Trap

Aktor yang mengaku menjadikan aktor Yoo Ah In dan Ha Jung Woo sebagai panutannya ini, mendapat banyak kritik dan keraguan saat namanya diumumkan sebagai pemeran Baek In Hoo. Wajahnya yang dirasa kurang ‘bule’ serta tinggi badan yang tidak seperti gambaran webtoon (di webtoon In Ho lebih tinggi dari Jung, namun kenyataannya Park Hae Jin lebih tinggi dari Kang Joon) menjadi alasan penolakan beberapa netter. Belum lagi keraguan mereka atas akting Kang Joon yang dirasa tidak akan mampu membawakan karakter Baek In Hoo yang kasar dan tidak sopan, mudah emosi, namun berhati baik. Namun Kang Joon yang mengaku rajin melakukan perawatan wajah setelah namanya makin dikenal ini tidak patah semangat. Bermodalkan keyakinan dan keinginan untuk menunjukkan kemajuannya dalam berakting Kang Joon menampilkan sosok Baek In Ho yang berbeda dari karakter Baek In Ho versi webtoon. Perubahan yang dilakukan Kang Joon tidak disangka menorehkan pujian dan tidak ada protes dari pecinta webtoon tersebut. Kang Joon yang mengaku tidak membaca webtoon Cheese In The Trap mengaku mendapat pengarahan dari sutradara saat memutuskan akan membuat karakter In Ho sesuai interpretasinya sendiri. Ditangan Kang Joon, karakter In Ho terlihat lebih manusiawi dan realistis. Kang Joon menunjukkan sisi lembut In Ho dibalik kekasaran dan ketidak sopanannya dalam bersikap. Sehingga penonton ikut terjebak dan menyukai tokoh In Ho.

Park Hae Jin mengatakan sosok Kang Joon benar-benar berbeda dari yang dia duga. Awalnya Park merasa ragu karena perbedaan usia mereka yang cukup jauh (Park lebih tua 10 thn) namun mereka harus memerankan karakter sebaya. Menurut Park, Kang Joon dapat berkomunikasi dengan baik dan mereka menjadi akrab. Kang Joon juga sempat meminta maaf karena menggunakan bahasa tidak formal (banmal) demi mendapatkan chemistry dengan Park.

Bersama pemeran Baek In Ha, Lee Sung Kyung di Variety show 'Taxi'

Tidak hanya penonton bahkan kru drama tersebut juga menyukai Kang Joon secara pribadi. Karakter Kang Joon yang ramah dan suka bergurau disukai oleh para kru. Bahkan mereka sempat vote untuk memilih artis yang disukai di lokasi Cheese, dan Kang Joon berada di posisi pertama. Tidak heran saat syuting berakhir, Kang Joon lah yang paling dirindukan para kru. Pada pesta perpisahan pun Kang Joon nampak asyik berfoto dengan semua pemain yang datang. Dia tidak ragu menyambangi aktor-aktor pendukung lain untuk berfoto bersama.


Berakting di film 'Beauty Inside'

Selain berakting di drama, Kang Joon juga berkesempatan menjajal kemampuannya di film. Meski hanya peran kecil yang tampil beberapa menit. Namun Kang Joon bersyukur mendapat kesempatan untuk berakting bersama senior-seniornya. Seperti Shin Min Ah di My Love My Bride, Han Hyo Joo di Beauty Inside dan Ji Jin Hee di Summer Snow. Kang Joon juga senang karena dapat melihat proses produksi suatu film dan mengenal orang-orang yang berada di industry film.

Bicara soal Kang Joon tidak lengkap rasanya jika tidak menyoal keahliannya dalam bermain piano. Nyaris semua drama yang dia bintangi termasuk variety show menunjukkan keahliaannya dalam bermain piano. Pemuda yang mendapat julukan ‘Sanbon Vitamin’ ini mengaku sempat berkeinginan menjadi pianis. Kang Joon merendah dengan mengatakan dia bukanlah seorang pianis yang handal. Dia hanya kebetulan dapat bermain piano. Saat syuting Cheese In The Trap, Kang Joon tidak malu mengakui dia menggunakan jasa stand-in untuk lagu yang rumit dan membutuhkan keterampilan di atas rata-rata. Namun ada beberapa adegan yang benar-benar dilakukannya (bermain piano sungguhan).


Bersama Chansung '2PM' untuk program 'Law of The Jungle'

Setelah syuting Cheese berakhir, Kang Joon mendapat tawaran bermain dalam variety show Law of The Jungle. Bersama Jeon Hye Bin dan lainnya Kang Joon bertolak ke pulau Tonga di lautan pasifik untuk memulai syuting akhir Januari lalu. Dan saat ini dia tengah mempertimbangkan untuk bermain dalam drama ‘The Outrageous” adaptasi dari serial berjudul sama yang tayang di NBC. Sebelumnya Kang Joon sempat menolak tawaran bermain di drama ‘Monster’ yang akan dibintangi Kang Ji Hwan dan Sung Yu Ri.

Seo Kang Joon mengatakan dia ingin menjadi aktor yang terus konsisten bekerja dan aktor yang dapat menampilkan berbagai karakter dengan cara yang bagus. Sepertinya inilah yang menjadi alasan Kang Joon konsisten tampil dan tidak terlihat lelah mengambil project baru setelah project yang lain selesai. Akankah karir Kang Joon akan makin bersinar dan aktingnya diakui? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Sumber: soompi, dramawiki, arirang
Foto : soompi, @seokj1012, topstarnews, fantagio
Advertisement
Advertisement

Click to comment