Advertisement
Daftar Isi

10 Drama Korea Berating Tinggi di Sepanjang Tahun 2015 (Wajib Kamu Tonton)

Advertisement
Baru Sinopsis (Review) 10 DRAMA KOREA BERATING TINGGI SEPANJANG TAHUN 2015. Sepanjang tahun 2015 layar televisi dipenuhi drama-drama dengan kisah dan genre yang berbeda.  Drama-drama tersebut sebagian berhasil meraih atensi pemirsa dan mencetak rating tinggi, namun ada pula yang tidak sukses atau berating rendah saat ditayangkan namun mendapat perhatian dari pemirsa.  Pada artikel ini penulis lebih menekankan drama yang meraih rating tinggi sesuai jumlah rata-rata rating yang diperoleh dari AGB Nielsen dan TNmS yang berarti ada beberapa drama yang mungkin kurang popular bagi penikmat KDrama di Indonesia namun di Korea drama tersebut berhasil meraih rating tinggi.  Adapun drama yang diambil adalah drama yang tayang dua kali dalam seminggu (Senin-Jumat) dan tayang di jam emas (22.00 KST).

1. Yongpal (SBS)

Dengan perolehan rata-rata rating sebesar 16,4% (TNmS) dan 18,3 (AGB) Yongpal menempati urutan pertama.  Dalam penayangan perdananya, drama ini memperoleh rating 11,2 (tnms) dan 11,6 (AGB) untuk seluruh Korea (nationwide) jumlah ini meningkat terus seiring bergulirnya tiap episode.  Meski sempat mengalami penurunan namun drama ini berhasil meraih rating hingga 2o%  dan menjadi yang tertinggi sepanjang tahun 2015.  Rating tertinggi diperoleh di episode 13 dengan rating 23,7%.

Yongpal berkisah tentang residen tahun ke 3 dr Kim Tae Hyun (Joo Won)  yang terpaksa bekerja part time sebagai ‘dokter panggilan’ dengan nick name ‘yongpal’ demi membayar hutang pengobatan adiknya.  Kehidupan Tae Hyun berubah saat kepala depart emen Lee (Jung Woong In) mengangkatnya sebagai dokter asisten di lantai 12 lantai yang khusus menangani pasien VIP.  Di lantai itu pula Tae Hyun bertemu pewaris RS Han Yeo Jin (Kim Tae Hee) yang terbaring koma.

2. The Producer (KBS)

The Producer menjadi drama kedua yang berhasil mencetak rating tinggi.  Dengan perolehan rata-rata sebesar 12,4 (TNmS) dan 12,5 (AGB).   Drama 12 episode ini hanya tayang satu kali dalam seminggu.  Drama yang dibintangi bintang Hallyu terpopuler Kim soo Hyun ini berhasil meraih atensi pemirsa.  rating terakhir drama ini cukup tinggi mencapai 18,2% (TNmS) dan 17.7%
The Produser mengisahkan tentang Baek Seung Chan (Kim Soo Hyun) yang berambisi bekerja di stasiun televisi karena cinta pertamanya (Joo Yoon Hee) bekerja di stasiun tv.  Ditengah usahanya untuk menjadi produser Seung Chan bertemu PD Ye Jin (Gong Hyo Jin), PD Joon Mo (Cha Tae Hyun) dan penyanyi idola Cindy

3. She Was Pretty (MBC)


Saat pertama kali ditayangkan, drama ini hanya memperoleh rating sebesar 4%, namun setelah drama Yongpal berakhir, drama ini berhasil mencuri hati pemirsa dan mengalami kenaikan rating hingga 15%. Drama ini berkisah tentang Kim Hye Jin (Hwang Jung Eum) yang mengalami perubahan penampilan saat dewasa.  Hye Jin merasa tidak percaya diri saat akan bertemu dengan cinta pertamanya Ji Sung Joon  (Park Seo Joon) dan meminta teman baiknya Min Ha Ri (Go Joon Hee)untuk berpura-pura menjadi dirinya.  Karena campur tangan Kim Shin Hyuk (Choi Shi Won) yang melihat kemampuan Hye Jin dalam mengedit artikel, Hye Jin diterima sebagai trainee disebuah majalah mode.  Namun alangkah kagetnya Hye Jin saat mengetahui bahwa Sung Joon juga bekerja di tempat yang sama sebagai atasannya.

4. Mrs Cop (SBS)
Mrs Cop memulai penayangannya dengan rating yang cukup bagus (8,4%) perlahan ratingnya terus merangkak naik hingga pada episode terakhir berhasil meraih rating  15,8% (AGB).  Kesuksesan drama ini menginspirasi SBS untuk memproduksi season keduanya yang kemungkinan akan tayang pada tahun 2016.

Mrs Cop merupakan salah satu drama aksi yang mengisahkan tentang  Choi Yong Jin (Kim Hee Ae) seorang single parents sekaligus polisi wanita yang tangguh.  Dengan kelihaiannya dia dan anggota skuadnya berusaha menegakkan keadilan.

5. Punch (SBS)
Punch sebenarnya mulai  tayang menjelang akhir tahun 2014, drama bertema hukum ini mendapat sambutan positif saat pertama kali ditayangkan.  Rating drama ini cukup stabil pada penayangan terakhirnya drama ini berhasil meraih rating 14,8%

Punch berkisah tentang seorang jaksa Park Jung hwan (Kim Rae Won) yang bekerja dibawah perintah jaksa Lee Tae Joon (Jo Jae Hyun). Jung Hwan kerap membantu Tae Joon melakukan hal kotor seperti korupsi dan memanipulasi orang lain demi mengamankan kedudukan Tae Joon.  Berkat Jung Hwan, Tae Joon  berhasil menjabat sebagai kepala jaksa.  Namun semua berubah saat Jung Hwan mengetahui hidupnya tak lama lagi.  Saat terbaring koma, Tae Joon memfitnah mantan istri Jung Hwan (Kim Ah Jong) yang juga seorang jaksa.  Marah akan kejadian tersebut,Jung Hwan mulai menyiapkan rencana membalas Tae Joon.  Tujuannya hanya satu, yaitu memenjarakan Tae Joon sebelum waktunya habis.  Namun hal itu tak mudah karena adanya sandungan dari mentri kehakiman Yoon Ji Sook (Choi Myung Gil)  yang awalnya melawan Tae Joon  namun berubah haluan menjadi sekutu Tae Joon.

6. Mask (SBS)
Drama yang ditulis oleh penulis drama Secret ini berhasil meraih atensi pemirsa.  sejak pertama kali ditayangkan ratingnya stabil di angka 12-14%.

Mask berkisah tentang Ji Sook (Soo Ae) yang memiliki kemiripan wajah dengan Eun Ha (Soo Ae), karena kematian Eun Ha yang begitu mendadak, Min Suk Hoon (Yeo Jung Hun) kekasih rahasia Eun Ha memaksa Ji Sook untuk berpura-pura menjadi Eun Ha dan menikah dengan Choi Min Woo (Joo Ji Hoon) Suk Hoon adalah suami dari Choi Mi Yeon (Yoo In Young) kakak tiri Min Woo.  Dia dan Eun Ha sejak awal berencana hendak mengambil alih perusahaan ayah Min Woo .

7. Shine or Go Crazy (MBC)

Drama bergenre saeguk historical ini mendapat rating yang cukup tinggi saat ditayangkan, rata-rata ratingnya sebesar 10,0% (TNmS) dan 11,3% (AGB).  Dapat dikatakan drama ini merupakan saeguk MBC dengan rating paling memuaskan tahun ini.
Drama ini mengisahkan tentang Wang So (Jang Hyuk) pangeran Goryeo yang mendapatkan kutukan takdir.  Dia harus menikah dengan putri terakhir dari Balhae, Shin Yool (Oh Yeon Seo).  Shin Yool dilahirkan dengan takdir menjadi cahaya untuk negara lain.  namun karena takdirnya, dia harus menghadapi kematian.  Setelah menjalani kehidupan pernikahan perlahan Wang Soo dan Shin Yool mulai menyukai satu sama lain.

8. Kill Me Heal Me (MBC)

Sejak pertama kali ditayangkan drama ini menarik perhatian terutama para netizen meski ratingnya tergolong biasa (10-13%) namun drama ini termasuk meraih rating tinggi saat ditayangkan berhadapan dengan drama competitor.  Dengan rating rata-rata 10,2% (TNmS) dan 10,6% (AGB), Kill Me menjadi salah satu drama tersukses MBC di awal tahun.

Kill Me Heal Me berkisah tentang Cha Do Hyeon (Ji Sung) yang menderita DID.  Berbeda dengan pasien DID yang biasanya hanya memiliki 2 kepribadian, DH memiliki 7 kepribadian mulai dari Shin Se Gi yang tegas dan cenderung jahat, Perry Park yang easy going namun suka membuat bom, Ahn Yoo Seob yang penyendiri dan selalu mencoba bunuh diri, Ahn Yoo Na yang centil dan menggemari boyband,  Nana yang masih berusia 7 tahun, dan mr X yang mengayomi.  Dalam usahanya menyembuhkan dirinya, DH bertemu Oh Ri Jin (Hwang Jung Eum) dan saudara kembarnya Ri On (Park Seo Joon).

9. Unkind Women (KBS)



Dengan rata-rata rating 9,6%(TNmS) dan 12,1% (AGB) drama ini menempati posisi sedikit diatas I Heard it Through The Grapevine.  Tak ada yang menyangka drama ini akan disukai pemirsa, mengingat pemainnya bukanlah idol atau bintang Hallyu terkenal melainkan aktor aktris veteran yang sudah tidak muda lagi.
Unkind berkisah tentang wanita dari tiga generasi.  Si nenek, Kim Soon Ok (Kim Hye Ja) selalu merasa tidak beruntung namun akhirnya dia sadar bahwa hidupnya selalu bahagia.  Yang kedua adalah anak Soon Ok yaitu Hyun Suk (Chae Si Ra) si pembuat masalah yang kerap membuat pusing Soon Ok.  Dan generasi ketiga Mu Ri (Lee Ha Na) yang bekerja sebagai guru yang idealis dan disukai murid-muridnya.  Mu Ri terlibat cinta segitiga dengan dua bersaudara seorang reporter (Kim Ji Suk) dan pengajar bela diri (Song Jae Rim).

10.I Heard it To The Grapevine (SBS)


Drama bergenre black comedy ini berhasil memikat hati penonton dan meraih rating yang lebih tinggi dibanding 2 drama pesaingnya saat ditayangkan.   Dengan perolehan rata-rata 9,2% (TNmS) dan 10,3% (AGB) drama ini konsisten meraih rating di kisaran 11-14 %.

Drama ini berkisah tentang Han In Sang (Lee Joon) putra pengacara kaya dan terhormat Han Jung Ho (Yoon Jun Sang) yang pintar dan berprestasi.  Namun kehidupan yang tenang berubah saat In Sang mengaku menghamili pacarnya Seo Bom (Go Ah Sung) dengan mengumpulkan semua keberaniaannya In Sang bertekad menikahi kekasihnya dan menjadi ayah yang baik.  Ibunya Choi Yoon Hee (Yoo Ho Jung) yang shock sempat tidak menerima kenyataan putra kesayangannya melakukan hal memalukan, namun dia tidak berdaya dan menerima Bom sebagai menantu.  Namun perbedaan kelas social membuat Bom harus berjuang keras mempertahankan pernikahannya dan melindungi bayinya dari sikap materilialistis mertuanya.

Kesepuluh drama diatas rata-rata memperoleh raihan rating sebesar 11-20% meski ada beberapa drama yang sempat meraih rating sebesar 10% namun di sini penulis melihat dari konsistensi dan perolehan rata-rata rating keseluruhan.  Sehingga ada kemungkinan drama yang berhasil meraih rating hingga 12% tidak masuk karena bisa jadi rating tersebut diperoleh hanya 1 kali atau pada episode tertentu saja.  weekend drama juga tidak dimasukkan pada kategori ini, mengingat weekend drama telah memiliki penonton setia dengan kisaran rating yang stabil (20-30%).  Selain ke 10 drama tersebut ada beberapa drama yang mendulang rating sama tingginya namun karena masih airing (tayang) drama tersebut tidak dimasukkan dalam daftar ini seperti Six Flying Dragons dan Reply 1988. Bagaimanapun pencapaian sejumlah drama dalam meraih rating  tidak lepas dari kerja keras sutradara, kru dan pemain.  Suka atau tidak suka selera penonton tidak dapat dipaksakan.  Drama yang kita anggap berkualitas dan bagus belum tentu memiliki factor yang disukai penonton kebanyakan.  Dan drama yang menurut kita buruk tidak sepenuhnya buruk selama drama tersebut memiliki elemen yang disukai pemirsa.  
 

^^ Terima Kasih Telah Berkunjung
Sumber:  dramawiki
Advertisement
Advertisement

0 Response to "10 Drama Korea Berating Tinggi di Sepanjang Tahun 2015 (Wajib Kamu Tonton)"

Posting Komentar

INFO

Dilarang Keras Copypaste / Main Comot Sinopsis BARU SINOPSIS Ke Blog Atau Grup / Fanpage Facebook / YOUTUBE. Cukup Baca Sinopsis Hanya disini di Blog BARU SINOPSIS

*Hargai Kerja Keras Penulis DIMOHON KESADARANNYA UNTUK TIDAK COMOT SINOPSIS DISINI DEMI KEUNTUNGAN PRIBADI